Seputar Sistem Imunitas Tubuh Manusia

Mari berusaha untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit mematikan

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Novita, · Categories: Kecantikan Wajah · Tags: , ,

Mengecilkan Pori-Pori WajahPori-pori wajah yang berukuran besar menjadi salah satu masalah kecantikan yang harus segera diatasi. Mengapa? Pertama, pori-pori wajah yang berukuran besar akan mudah dimasuki oleh kotoran, debu, atau polusi. Kotoran, debu, atau polusi yang tersumbat dalam pori-pori kulit bakal menjadi pemicu jerawat atau komedo. Pori-pori wajah yang berukuran besar juga dapat memberikan kesan lebih tua dari usia sebenarnya. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah? Berikut caranya:

Es batu

Minuman apapun kalau dicampur dengan es batu pasti sangat menggiurkan. Ketahuilah, es batu lebih dari sekedar untuk menyegarkan minuman saja melainkan untuk merawat kecantikan tepatnya mengecilkan pori-pori wajah. Bagaimana caranya?  Ambil es batu kemudian usap-usapkan ke seluruh bagian wajah terutama pada area yang memiliki pori-pori besar. Cara lainnya adalah dengan memasukkan es batu ke dalam kain katun kemudian kompres ke seluruh bagian wajah. Lakukan pengompresan ini antara 10 sampai 15 menit dalam frekuensi minimal 3 kali seminggu. Selain dapat memperkecil pori-pori, treatment untuk dapat mengencangkan kulit. Kalau bisa mengecilkan pori-pori wajah dengan tanpa biaya, mengapa harus pakai cara berbayar?

Putih telur

Telur, makanan yang bisa dibilang memiliki sejuta manfaat. Kulitnya bisa dijadikan karya yang indah dan bernilai ekonomis. Kuning telur dapat mendukung tumbuh & kembang anak, melindungi tubuh dari degenerasi makula, meningkatkan kekebalan tubuh, dsb. Bagaimana dengan putih telur? Puth telur sangat berkontribusi dalam dunia kecantikan terutama kecantikan wajah. Bagi yang memiliki pori-pori besar, bisa manfaatkan masker putih telur. Caranya? Sisihkan putih telur dari kuningnya, kemudian kocok lepas. Selanjutnya, balurkan ke seluruh bagian wajah dan diamkan hingga 10 sampai 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini minimal 3 kali dalam seminggu. Biaya yang dikeluarkan untuk perawatan ini tentu sangat terjangkau yakni untuk membeli telur dengan harga satuannya 2 ribu rupiah atau lebih.

Mikrodermabrasi

Kalau sebelumnya mengecilkan pori-pori wajah dengan cara alami. Selanjutnya bakal kita bahas cara mengecilkan pori-pori wajah dengan cara modern yakni mikrodermabrasi. Mungkin tak banyak yang mengenal mikrodermabrasi terutama yang jarang perawatan ke salon atau klinik kecantikan. Mikrodermabrasi adalah perawatan kecantikan dengan teknik mengelupas kulit dengan memanfaatkan kristal halus. Beragam alat-alat yang digunakan dalam treatment ini sebagai berikut: kristal aluminium (kristal halus untuk abrasi kulit yang telah bercampur kulit mati akan langsung disedot), diamond tip (kristal tidak berbentuk butiran tapi padat), dan Geometric Matrix Point (ujungnya menyerupai logam & terdapat LED untuk membentuk kolagen). Untuk melakukan perawatan ini, kocek yang harus dikeluarkan lebih kurang 300 an ribu rupiah tergantung dari klinik kecantikan yang dipilih.

Dermaroller

Selain untuk mengatasi kulit bopeng karena jerawat batu, cacar, atau lainnya, dermaroller juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori kulit. Dermaroller merupakan perawatan kecantikan dengan memanfaatkan alat roller yang terdapat jarum di permukaannya. Jarum yang digunakan  berukuran mulai dari 0.25 mm sampai dengan 3.00 mm. Untuk mengurangi rasa sakit, akan diolesi krim anestesi sebelum alat roller digelindingkan pada wajah. Setelah perawatan pun akan dioleskan masker sebagai penetralisir. Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan perawatan ini bisa 1 juta rupiah lebih. Tiap kali datang, akan membeli alat roller dengan kisaran harga 500 ribu rupiah.

Kalau punya budget minim, bisa perhitungkan cara tradisional (menggunakan bahan alami), tapi harus sabar menerima hasilnya karena relatif lama. Kalau ingin hasil yang lebih cepat, bisa lakukan perawatan modern, tapi cukup beresiko jika tidak dilakukan di klinik atau dokter berpengalaman.

Cara Efektif Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Leni, · Categories: Kecantikan Wajah · Tags: ,

Jerawat di wajah memang menjengkelkan, tidak hanya merusak penampilan tetapi juga membuat kulit menjadi meradang. Selain genetik, jerawat ditimbulkan oleh beberapa faktor lain, yaitu hormon yang tidak stabil, makanan yang dikonsumsi kebanyakan cepat saji, penggunaan kosmetik yang secara berlebihan, keseringan menyentuh kulit wajah dengan tangan kotor,  kurangnya waktu tidur, dan masih banyak lagi.

Noda Hitam Bekas Jerawat

Ada banyak macam tempat jerawat bisa tumbuh, baik itu secara menumpuk maupun terpisah-pisah seperti di hidung, dagu, pipi, dan jidat. Namun, yang tidak kalah penting dalam masalah hal ini adalah bekas jerawat. Pasalnya, jerawat yang tadinya tumbuh relatif meninggalkan bekas terlebih bila sering dipencet, akibatnya membuat wajah terlihat kusam. Supaya wajah kembali cerah,  tentunya noda hitam di wajah tentu harus dihilangkan. Berikut cara efektif yang dapat dilakukan:

Membuat masker wajah ekstrak herbal

Masalah noda hitam di wajah dapat diatasi dengan menggunakan masker rumahan atau dari bahan-bahan ekstrak herbal, seperti temulawak, kencur, lidah buaya, mentimun, dan madu. Tumbuhan herbal tersebut tentunya tidak sulit dan bahkan sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Tinggal membuatnya menjadi masker dan siap diaplikasikan pada kulit wajah yang ada flek-flek hitamnya. Contohnya temulawak, 2 butir temulawak seukuran jari kelingking dicuci hingga bersih, kemudian diparut dan diaplikasikan langsung pada kulit wajah, begitu juga untuk kencur. Namun khusus untuk lidah buaya lendirnya yang diambil, sedangkan ampasnya dibuang.

Untuk mentimun, perlu dibentuk menjadi potongan biasa layaknya lalapan dan bisa langsung ditempelkan pada kulit wajah. Sementara madu dicairkan terlebih dahulu kemudian baru dilumatkan pada bagian wajah yang memiliki noda hitam. Hasilnya akan terlihat kurang lebih setelah 1 bulan perawatan, sedangkan dalam 1 minggu setidaknya harus diaplikasikan minimal 2 kali perawatan. Tentu, untuk mengaplikasikan kegiatan ini harus dilandasi dengan kesabaran yang tinggi. Meski relatif mereportkan, penggunakan masker wajah dengan bahan herbal lebih aman karena tidak ada campuran bahan kimia.

Memakai produk kecantikan yang ada izin edar BPOM

Bila waktu minim menjadi problema untuk membuat masker ekstrak herbal seperti di atas, maka memakai produk kecantikan adalah salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Dengan begitu, produk dapat dipakai secara langsung setelah wajah sudah dibersihkan. Namun, produk kecantikan yang digunakan tidak boleh sembarangan, harus ada izin edar dari Badan POM supaya aman dari bahaya yang tidak diinginkan. Ingat, saat ini banyak produk kecantikan ilegal salah satunya memiliki kandungan merkuri, yang mana dapat menyebabkan pemakainya mengalami ketergantungan, rusaknya sel-sel kulit, bahkan kanker kulit.

Dalam waktu yang relatif cepat, produk memang memberikan hasil yang maksimal di mana flek hitam telah hilang bahkan kulti menjadi lebih putih, tapi hal ini malah akan membuat pemakainnya mengalami kerugian yang tidak terkira. Oleh sebab itu, memakai produk kecantikan untuk mengatasi masalah di wajah boleh-boleh saja, asal diperhatikan dengan betul ketika membelinya supaya tidak mengalami hal-hal yang dapat merugikan.

Mengunjungi klinik kecantikan untuk melakukan perawatan

Klinik kecantikan menjadi tempat pelarian bagi mereka yang mengalami masalah kecantikan dan ingin mendapat hasil yang efektif dalam waktu sekejap. Contohnya perawatan untuk kulit keriput, bisa dengan mikrodermabrasi, akupuntur, laser, suntik botox, sampai operasi plastik. Akan tetapi, bedanya dengan kedua cara di atas selain terletak pada teknik perawatannya juga terdapat pada biayanya. Tentu, karena perawatan ini ditangani langsung oleh ahlinya dan dengan peralatan teknologi canggih sehingga hasilnya pun menjanjikan. Begitu pula untuk mengatasi masalah noda hitam di wajah, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengunjungi klinik kecantikan secara rutin untuk melakukan perawatan. Namun pastikan, biaya yang ditanggung tidak membuat kacaunya keuangan karena hal tersebut dapat memicu stres dan menilmbulkan tumbuhnya kembali jerawat.

Noda di wajah akibat jerawat memang tidak terlihat meradang, tapi cukup membuat wajah menjadi kusam dan tentunya akan sangat mengganggu penampilan bila tidak segera dinetralisir dengan baik.